Saturday, October 6, 2012

Review : The Shawshank Redemption ( 1994 )

THE SHAWSHANK REDEMPTION
by
Frank Darabont

Based upon a story
Rita Hayworth and Shawshank Redemption
by Stephen King


 Starring : Tim Robbins, Morgan Freeman and Bob Gunton

Screenplay : Frank Darabont
*********

Kita sering mendengar orang berkata " filmnya tidak sebaik bukunya" atau "versi filmnya lain sekali dibandingkan dengan novelnya ya..". Apa yang menjadi dasar pertimbangan perbandingan mereka ?. Apakah mereka keliru ? karena sudah pasti, sebagian cerita akan jauh lebih mengena jika dituangkan dalam bentuk novel yang memiliki kedalaman cerita di tiap halamannya.

Mari kita mendalami hal ini dengan bantuan Frank Darabont dan karyanya yang diadaptasi dari novel Stephen King, Rita Hayworth and the Shawshank Redemption, beranikah kita menyebut film Darabont ini sebagai salah satu adaptasi novel terbaik yang pernah ada ?. Bagi beberapa orang, film ini nyaris sempurna dan seharusnya paling layak mendapat Oscar tahun 1994. Hingga kini, The Shawshank Redemption adalah salah satu contoh film yang bertumbuh kembang bertahun tahun setelahnya dan berhasil menorehkan kesan yang mendalam bagi siapa saja yang menontonnya tanpa ada gelar resmi paling bergengsi sekalipun.

Dinarasikan oleh Red ( Morgan Freeman ), yang telah sangat lama mendekam di penjara Shawshank. Layaknya kejadian yang berulang selama puluhan tahun, Red dan teman teman senasibnya menyaksikan tahanan tahanan baru akan menjadi penghuni penjara tersebut. Diantaranya, tampak Andy Dufresne ( Tim Robbins ) yang terlihat lugu. Andy tampaknya mengejutkan semua orang di sana karena dengan kebulatan hati dan kekuatannya tidak ada yang bisa melumpuhkannya. Andy, mantan bankir yang masuk penjara tersebut karena kasus pembunuhan.
Seperti Andy, Red pun dihukum seumur hidup. Menjalani hidup yang begitu lama di penjara menjadikannya ( dan banyak tahanan lainnya ) tidak mampu lagi memimpikan hidup di luar penjara. Red bercerita betapa para tahanan yang lain merasa kagum atas ketabahan dan integritas Andy dalam menjalani berbagai cobaan selama di penjara.
Film berdurasi 142 menit ini mengisahkan bagaimana dua orang yang menjalani hukuman penjara seumur hidup, kemudian menjadi sahabat dan mencari cara untuk melawan rasa putus asa. Sebuah mahakarya dari seorang Frank Darabont.





Dalam novelnya, Red sebenarnya sang tokoh utama, tetapi dia menceritakan kisah Andy Dufresne. Inilah perubahan pertama yang dilakukan Darabont. Dalam film ini sendiri, Andy adalah tokoh utama, dan ini adalah kisahnya. Red adalah narator dan tokoh pemeran pembantu yang sangat penting, tetapi perkembangannya adalah akibat perkembangan yang dialami Andy. Dan banyak sekali perubahan yang dilakukan Darabont dalam adaptasi ini, dan bisa dijelaskan dalam bullet point.
Sebenarnya tidak ada rumus baku yang bisa digunakan untuk menentukan panjang tidaknya sebuah novel untuk disebut novel sejati, atau rumus baku untuk sebuah adaptasi, yang selalu terdiri dari pemotongan, penambahan, penggabungan dan penciptaannya sendiri.Tujuan adaptasi bukanlah untuk mempertahankan sebanyak mungkin kemiripan dengan cerita asli, melainkan untuk membuat pilihan terbaik dari materi yang sudah anda punya untuk menghasilkan skenario sebaik mungkin.

Melalui kisah Andy, sang tokoh utama, kita mengetahui kisah orang orang lain di dunia yang dia huni. Shawshank adalah kisah tentang harapan, , mengenai apa arti dipenjarakan, tentang penebusan dosa, tekad, kesetiaan, kekejaman, kebaikan, persahabatan, dan juga tentang harapan, apa yang terjadi jika kau kehilangan harapan ? dan apa yang akan terjadi jika kau berpegang erat kepadanya ? Bisa dikatakan juga bahwa bahwa ini adalah kisah tentang kebaikan mengalahkan kejahatan, tetapi sudahlah.., kita bisa mengatakan hal yang sama untuk hampir setiap kisah >_<
Ini adalah kisah Andy Dufresne, seseorang yang menggantungkan diri pada harapan .



Bisa kita temukan sebenarnya, apa yang membuat kita begitu mencintai dan mendukung Andy. Andy adalah korban dari ketidakadilan yang paling brutal, dia dipenjara karena kejahatan yang tidak dia lakukan, diperkosa, dipukul dan hampir mati. Sebagai manusia, sudah sewajarnya jika hati kita memihak keadilan, dan apa yang paling menyakitkan hati daripada melihat seseorang yang tidak bersalah dihukum ? Bagaimana tidak, sikap kita yang otomatis mendukung Andy di film ini sudah mendarah daging dalam diri dan kita tahu bahwa tidak ada seorang pun yang lebih berhak bebas dibandingkan dengan dirinya.

Kemudian, apakah kita sering membaca novel novel atau film yang selalu menempatkan tokoh utama dalam setiap adegan yang ada ? Dalam Shawshank, tokoh tokoh sekunder juga diberikan hak untuk menjadi pusat perhatian, melaui kisahnya, Red mengatakannya dengan sangat baik " Tembok penjara ini aneh. Mula mula, kau membencinya, kemudian kau menjadi terbiasa dan setelah cukup lama berada disini. kau akan menjadi begitu bergantung berada disini. Begitulah rasanya dipenjara". Seorang penghuni senior di penjara tersebut, Brooks ( James Whitmore ) adalah bukti teori Red. Apa yang terjadi padanya dan apa yang dia lakukan pada dirinya sendiri merupakan pertanda buruk bagi kemungkinan masa depan Red dan Andy. Bagaimana dengan Andy ? Kita sama sama tau bagaimana kelanjutan kisah Andy ( tidak perlu saya bocorkan ^_^ ). Kisah Andy tamat, tapi ini kisah tentang harapan. Darabont tidak mungkin akan menginggalkan Red di Shawshank dengan harapan harapan yang tidak tercapai. Namun, aksi tokoh utama kita ini lah yang memotivasi tokoh pemeran pembantu, seperti Red dan satu satunya hal yang menahan Red untuk tidak berakhir seperti Brooks adalah janji yang telah dia buat untuk Andy. Karena janji inilah yang satu satunya hal yang membuat Red bergantung pada harapan dan menyangkal teorinya sendiri.

Kemudian, tokoh antagonis. Buat apa mempunyai tiga tokoh jahat jika bisa punya satu tokoh yang benar benar jahat ?. Dalam novelnya, terdapat beberapa kepala penjara yang sama jahatnya, namun Darabont mengambil 'kejahatan' dari semua kepala penjara dalam novel itu dam menggabungkannya dalam sosok Kepada penjara Norton yang sangat membuat kesal atas taktik dan ide jahatnya dalam mengekang Andy yang telah membuatnya kaya, dan semakin lama Andy berada disana semakin kayalah dia. Bagaimanapun, hidup Andy ada dalam genggamannya, dan dia tidak akan melepaskannya.
Sebelum Norton, kita bisa melihat banyak tokoh antagonis yang menjegal langkah Andy setiap hari disana, dari sini, kita bisa melihat Darabont memakai satu antagonis untuk menyingkirkan antagonis lainnya. Mereka harus disingkirkan agar cerita terus berkembang, hingga akhirnya kita bisa menuju pada ajal tokoh antagonis utama disini, Norton. Sekali lagi, kita kembali pada kata kunci kita - keadilan.

saya telah menuliskan hal ini sebelumnya, dan tidak ada seorang pun yang mampu mengungkapkannya dengan lebih baik daripada Andy, " harapan adalah sesuatu yang baik, mungkin yang terbaik, dan hal hal yang baik, tidak akan pernah mati."
Apa yang ingin dikatakan film ini adalah, anda dapat bercita cita setinggi apapun jika anda bergantung pada harapan. Begitu anda kehilangan harapan, maka hidup anda berakhir.
Mengatakan film ini luar biasa ? tentu, dan tidak berlebihan ^_^

The Shawshank Redemption ? one of the best movie ever made.

***

The Shawshank Redempion l 1994 l Frank Darabont

***

Official Trailer :


2 comments:

  1. gak salah memang jadi nomer 1 IMDB. film yang luar biasa asik ditonton meski durasinya cukup lama. Harapan memang selalu baik Sinopsis Film, Review Film, Resensi Film, Cerita Film

    ReplyDelete
  2. Keren nih rating dari filmnya :o Sinopsisnya juga keren sip

    ReplyDelete