Monday, May 20, 2013

Review : Celtic Woman ; Believe ( 2012 )

Celtic Woman ; Believe
Starring : Chloë Agnew, Lisa Kelly, Lisa Lambe, and fiddler Máiréad Nesbitt.
Producer : David Downess

 

 Celtic Woman mempunyai 2 ciri khas utama, yaitu kecantikan dan keanggunan yang dimiliki semua personilnya, oh dan tentu saja suara mereka yang sungguh memanjakan telinga. Setiap konser dan show yang mereka hadirkan selalu mempunyai ciri khas, seperti penampilan mereka yang selalu didukung maksimal oleh kelompok band dan orkestra yang sangat kental dengan instrument khas celtic, seperti fiddle, tin whistle, bodhran, bagpipes, dan banjo.

Celtic Woman pertama kali lahir dari tangan kreatif David Downes pada tahun 2004, yang sebelumnya terkenal sebagai produser serta kreator salah satu kelompok musisi dan dancer legendaris Irlandia, Riverdance. Dari tangan Downes, terbentuk sebuah grup vokal yang terdiri dari 5 penyanyi wanita yang sebelumnya tidak pernah tampil bersama. Chloë Agnew, Órla Fallon, Lisa Kelly and Méav Ní Mhaolchatha, and fiddler Máiréad Nesbitt. Selama 8 tahun berkarya, Celtic Woman sudah pernah merilis 7 album. Seiring tahun berjalan, Celtic mengalami perubahan anggota yang sering datang silih berganti. Hingga saat ini, pada tahun 2013, Celtic Woman beranggotakan  Chloe, Lisa Lambe dan Susan Mcfadden, serta Mairead Nesbitt yang masih bersama mereka sebagai fiddler. Susan McFadden masuk awal tahun ini, untuk mengisi posisi Lisa Kelly yang sedang menjalani cuti kehamilan, dan Lisa Lambe mengisi pertukaran dengan Hayley Westenra. Hayley merupakan penyanyi terkenal asal Kanada yang pernah bergabung dengan Celtic Woman pada tahun 2006.

















Album terbaru mereka, Believe ( 2012 ) dirilis padal awal 2012 dengan konser pendamping yang juga disertakan dalam bentuk DVD dalam perilisan album tersebut, Konser yang diselenggarakan di Fox Theatre in Atlanta, GA. Konser yang dihadiri ribuan orang tersebut masih menggunakan formula unggulan mereka, live performance dan sebuah stage show yang menampilkan beberapa lagu terbaru mereka, lagu lagu tradisional Irlandia, belasan pemain bagpipes, dan alat musik khas celtic lainnya, serta Riverdance Irish Tap Dancer, Michael Gallagher

saya baru berkesempatan mendengar album konser mereka ini kemarin, and well..may i say, i was impressed. Suara suara yang memanjakan telinga yang terdengar sangat indah dari Lisa Kelly, Chloe Agnew, dan Lisa Lambe dan tak lupa juga Mairead Nessbitt yang sangat mencuri perhatian dengan permainan fiddle ( masih sekelompok dengan violin ) nya yang begitu energik dan memanjakan telinga.

Dari pertama saya duduk menonton pertunjukan ini ( concert just isn't word enought to describe this musical phenomena ) hampir tidak ada yang saya keluhkan . Dengan suasana malam yang berkabut dan pencahayaan yang bersinar megah dari panggung mengarah ke dua stage bertingkat tempat duduk penonton, penampilan cantik dan anggun dari Lisa Kelly, Lisa Lambe, Chloe dan Mairead, serta semua penyanyi latar yang tak kalah mengagumkan. Salah satu yang khas dari Celtic Woman adalah, dalam setiap show dan konser, mereka selalu tampil dengan balutan busana gaun pesta formal yang sungguh cantik, bahkan mereka terlihat seperti seorang putri kerajaan.

















Suara vokal mereka yang lembut, dipadu dengan gaun yang indah, serta rambut yang indah dan panjang, semakin membangun suasana harmonis dan dreamy, apalagi ditambah dengan instrumen alat alat music celtic yang begitu menghidupkan suasana panggung. Dibawakan oleh ensemble cast dari Celtic Woman sendiri, seperti Uileann pipes, bagpipes versi Irlandia, dan juga bagpipes regular, yang dimainkan oleh segerombolan musisi pria yang memakai kilt, kemudian masih ada tin whistle, gitar, bodhran dan drum set yang dimainkan bergantian selama pertunjukkan berlangsung.

Para penonton yang terlihat begitu banyak mengisi dua lantai Fox theathre terdiri dari segala jenis usia, bahkan para newbie newbie fans Celtic Woman, seiring pertunjukkan, kerap diperlihatkan ekspresi para penonton yang terlihat tersenyum kagum bahkan sering bernyanyi bersama. Oh tak lupa juga, hampir disetiap lagu, diakhiri dengan standing ovation.

Salah satu lagu favorit saya, sekaligus mungkin bisa dikatakan sebagai pamungkas dari show ini, yaitu "Téir Abhaile Riú" yang dibawakan kedua Lisa, Chloe serta Mairead sambil menari, diiringi ensemble penyanyi latar mereka yang membentuk satu harmoni yang cantik, dan tak lupa juga Michael Gallagher, yang merupakan member dari Irish tap dancer, Riverdance, yang ikut ber-tap dance ria sepanjang lagu berlangsung. Sungguh tontonan yang mengasyikkan.
















Audiens yang dipenuhi tawa, applaus meriah dan banyak standing ovation serta sorakan sorakan kekaguman, sudah menunjukkan, betapa suksesnya pertunjukkan ini.
 I know i was so won over by the performance.
***
Celtic Woman ( Ireland )




Lisa Lambe
lisa Kelly
Máiréad Nesbitt
Chloë Agnew,







4 comments:

  1. Good luck Celtic woman .. I Like < Miss u all Celtic

    ReplyDelete
  2. chloe agnew....NELLA FANTASIA....woww.

    ReplyDelete
  3. chloe agnew....NELLA FANTASIA....woww.

    ReplyDelete