Sunday, August 23, 2015

Wild Tales ( 2014 )

Wild Tales
Relatos Salvajes

Starring : Darío Grandinetti, María Marull, Mónica Villa, Rita Cortese, Erica Rivas
Writer : Damián Szifrón 
Director : Damián Szifrón 

Seseorang mampu melakukan hal hal yang menakjubkan karena cinta, karena kemurahan hati atau pengorbanan diri. Seseorang juga bisa menjadi keras kepala, menjadi getir atau berubah menjadi makhluk yang penuh dendam yang bisa menggunakan kecerdasan mereka dengan cara cara yang sudah diperhitungkan dengan detail dan tepat. Sutradara Argentina, Damian Szifron mendemonstrasikan hal ini, sifat sifat yang tidak ramah, sifat sifat jelek dari manusia yang selama ini kita sendiri hindari, dengan cara cara yang sangat ekstrim.
Terdiri dari enam sketsa cerita, Wild Tales adalah sebuah anthology yang terlihat seperti kolaborasi antara Pedro Almodovar ( The Skin I Live In, Volver ), Quentin Tarantino dan dengan sedikit sentuhan Hitchcock dan Twilight Zone sebagai pelengkap nya.


Sesi 6 sketsa dibuka dengan " Pasternak ", yang dalam waktu sekejap langsung meyakinkan saya untuk duduk manis menyaksikan film ini hingga tuntas.
Momen WTF itu adalah ketika semua penumpang di pesawat mulai menyadari jika mereka semua saling mempunyai koneksi satu sama lain dan sama sekali tak terduga, and what will happen ?
Kemudian, lanjut dari cerita pembuka yang gila dan elegan tersebut, beralih ke cerita yang lebih simpel, dimana seorang koki di sebuah rumah makan, dan sekaligus eks narapidana ( Rita Cortese ) mencoba berbicara dengan seorang waitress yang idealistik untuk membalaskan dendam ayah nya yang bunuh diri karena disebabkan oleh lintah darat yang keji ( Cesar Bordon ) yang kebetulan singgah di rumah makan tersebut. 



Cerita ketiga, sekaligus salah satu yang saya favoritkan, tentang seorang pengemudi Audi yang sombong, yang menyinggung dan menyelip pengemudi lain nya di tengah jalan tol. Sial nya, mobil Audi tersebut pecah ban di tengah jalan, dan pengemudi yang disinggung nya tadi muncul dari kejauhan.
Well, here's the things escalated quickly, dan apa yang terjadi selanjutnya adalah duel pria macho yang berubah menjadi kotor, jijik ( literally ), bizzare, mengerikan dan berubah menjadi fatal. 



Dua cerita berikutnya menyinggung tentang hukum, birokrasi, dan peran seorang ayah. Ada seorang ayah yang ingin menyelamatkan putra nya yang menabrak lari perempuan yang sedang hamil, dan untuk itu ia harus berurusan dengan semua pihak, dan juga mengeluarkan uang untuk pihak pihak tersebut. Dan ayah yang selanjutnya, seorang insinyur konstruksi khusus bahan peledak, yang berusaha mengendalikan emosi , yang dari awal nya soal sepele, yaitu tentang mobil nya yang diderek, berlanjut dengan rentetan masalah lain ya yang membuat emosi nya meledak.

Kemudian, yang terakhir, sekaligus yang  paling gila, dan sekaligus yang paling menarik perhatian, " Till Death Do Us Part ", dimana sang pengantin baru ( Erica Rivas ) yang pada saat pesta pernikahan nya mengetahui jika suami nya ( Diego Gentile ) pernah berselingkuh  dengan teman kerja nya yang juga diundang di pesta tersebut.
Seriously, dengan diiringi lagu Titanium nya David Guetta ft Sia, actually, it's a very beautifull, cool wedding party. Quote seperti " what a wedding without some drama" sangat cocok dengan segmen ini. Rivas, yang terlihat sangat adorable dalam balutan gaun putih nya berubah menjadi seperti malaikat yang penuh dendam dalam seketika, and from this girl alone, the drama is too juicy. haha.. 

Setiap kali  kita melihat film fim antologi yang ada saat ini, more often than not, adalah kumpulan cerita cerita horror melelahkan seperti "V/H/S" atau " The ABC's of Death". Akan sangat menarik dan menyenangkan jika ada seorang filmmaker mencoba metode yang sama dengan genre yang berbeda, dan itu adalah Wild Tales nya Damian Szifron, yang berisikan berbagai cerita yang bizzare ( aneh ), mulai dari insiden kecil di tengah jalan yang berubah fatal, seorang ayah yang mencoba melakukan damage control atas kesalahan mengerikan anak nya, dan tentang pesta pernikahan yang penuh drama. As each story unfolds,we’re forced to ask ourselves that very question: How could this get any worse for these characters?

Brillian nya film Szifron ini terletak pada kemampuan nya memulai dan meningkatkan tensi cerita, dari awal yang biasa saja menjadi apa yang tidak pernah terbayangkan oleh kita sebelum nya. Disinilah terletak betapa nikmat nya film ini, Wild Tales adalah sebuah mish-mash atas balas dendam, emosi yang meledak ledak, keputus asaan, yang semuanya digabung dalam sebuah film yang terdiri dari beberapa genre, seperti drama, thriller dan dark comedy dalam dosis yang besar. Indeed, elemen terakhir inilah yang merupakan aset terbesar di film ini yang membuat nya menjadi absurd, tapi sangat bisa dinikmati. Tidak hanya membuat nya menjadi lebih entertaining, tapi juga sukses membuat saya tertawa keras dengan getir.

Saya bisa saja menyebutkan banyak hal lain nya, but really, this is a film that simply needs to be experience by the viewer without knowing too much about it. Saya hanya ingin memberikan garis besar cerita nya saja. Ini adalah cerita yang sangat keterlaluan menarik nya yang bisa membuat anda betah menonton nya dan menanti apa saja yang bisa terjadi pada karakter karakter yang kurang beruntung ini. What more could you ask for from a film like this ?


Ketidaksetaraan, ketidakadilan dan tuntutan dunia tempat kita hidup ini telah menyebabkan stres dan depresi bagi banyak orang. Beberapa dari mereka, tidak mampu menahan nya dan kemudian meledak emosi nya dan hilang kontrol. Dan Ini adalah film tentang orang-orang tersebut. Tentang rentan nya banyak orang dalam menghadapi realitas yang ada, yang dalam sekejab bisa bergeser dan berubah menjadi tak terduga. Karakter karakter dalam film ini berada dalam ambang garis tipis dalam diri mereka masing masing yang merupakan jurang pemisah antara norma norma sosial dan sifat sifat barbarisme yang ada dalam diri setiap orang. Pengkhianatan kekasih, birokrasi, harga diri, hilang kontrol, ditipu orang terdekat, dan banyak faktor lain nya menjadi pendorong para karakter ini menuju kegilaan dan meledak nya emosi mereka dan ketika itu terjadi, mereka berubah lair, kehilangan kontrol dan mereka menikmati nya.



Wild Tales is shocking and brutally hilarious. Kumpulan cerita yang gila yang penuh sensasi serta dark komedi yang mampu membuat nya tidak mudah dilupakan. So far, is one of the best i watch this year. This is an absurdly entertaining film that is not to be missed.








No comments:

Post a Comment